Jumat, 27 April 2012

Penipuan Berkedok Cinta

Cinta adalah ikatan kasih sayang antara pribadi yang berbeda dan sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan satu pribadi kepada pribadi yang lain , cinta juga merupakan kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap orang lain, berupa ; pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, dan lain-lain.

Setiap manusia membutuhkan cinta, ingin dicintai dan mencintai, hidup tanpa cinta bagaikan sebuah kapal yang berlayar tanpa tujuan. Karena besarnya kebutuhan akan mencintai dan dicintai banyak orang terhanyut dalam cinta yang semu dan ketidak jelasan, bahkan demi cinta mereka rela melakukan apapun hingga diluar batas kewajaran, dan inilah yang disebut dengan cinta buta.

Semalam saya kedatangan seorang teman yang mengalami keretakan dalam rumah tangganya, dia merasa tersakiti akan sikap dan kecuekan suaminya, saking merasa kesepian dan haus akan cinta dia memutuskan mengisi kesepiannnya dengan mencari cinta. Ada begitu banyak tempat dan komunitas yang dapat dijadikan sebagai tempat untuk mencari cinta dan pasangan hidup, dan sekarang kita dapat melihatnya melalui maraknya situs-situs kontak jodoh yang bertambah dan berkembang dengan pesat, bahkan kita bisa mengobral cinta di dunia maya untuk mendapatkan seorang pacar virtual.

Teman saya ini mendaftar dan bergabung dengan banyak situs kontak jodoh demi mengatasi rasa kesepiannya, ya saya akui saya juga memang pernah ikut mendaftar di situs kontak jodoh karena undangan teman, memang ga ada salahnya kalau kita bergabung, karena kita bisa menambah banyak teman, bukan hanya dari negri sendiri bahkan juga sampai ke penjuru dunia, hanya saja kita perlu bertindak hati-hati karena ada begitu banyak trik penipuan yang terjadi di dunia maya, seperti halnya penipuan yang dialami oleh teman saya ini, penipuan yang berkedok cinta.

Seperti yang saya utarakan tadi dia mendaftar di beberapa situs kontak jodoh dan berkenalan dengan seseorang yang mengaku sebagai orang asing yang berasal dari Prancis, setelah menjalani hubungan virtual selama kurang lebih 6 bulan mereka saling jatuh cinta, singkat cerita saking cintanya si pria memutuskan untuk pindah dari negaranya dan menetap di Indonesia demi cinta, karena telah terbuai oleh cinta, teman saya dengan mudahnya mempercayainya. Tiba saatnya hari dimana si pria meminta siwanita untuk mentransferkan sejumlah uang denganberbagai alasan dan rayuan pulau kelapa, akibat telah dibutakan oleh cinta tanpa pikir panjang teman saya ini percaya aja dengan kata-kata manis si pria penipu itu, alhasil bukan hanya uangnya yang telah ditipu tetapi juga hati dan cinta. Sungguh malang ya. Ternyata demi uang orang tega melakukan apapun.

Untuk itu teman-teman kita boleh aja bergabung di jejaring social atau di kontak-kontak jodoh mungkin dengan alasan ingin menambah teman, atau ingin melatih bahasa asing, asal kita dapat bersikap bijak dan hati-hati, jangan sampai kita gelap mata dan akhirnya mengalami hal yang sama dengan yang dialami oleh teman saya. Karena ada begitu banyak scammer di dunia maya, dimana identitas yang ditampilkannya palsu dan bukan dirinya sendiri. Yang mengaku-ngaku dirinya sebagai pebisnis, pengusaha, dan pekerjaan menyakinkan lainnya, merayu dengan kata-kata manis hingga setiap korbannya terbius oleh tipuannya.

So teman-teman kita perlu selektif dan berhati-hati dalam memilih teman. Semoga artikel saya bermanfaat ya, salam Kasih


21 komentar:

  1. lho ada juga modus kayak gini ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ni admin TK kejahatan uda makin merajalela hampir di semua aspek kehidupan, kita hrs lbh hati2 lg, Thanks ya da berkunjung :)

      Hapus
  2. sy jg prnh .. ini d bbm . bb sya raib dibawa kabur.. co pnipu ini berkedok exmood.. nyatanya stlah ktemu,, bb sy dbwa kabur . sy dtinggal d jlnn , dy ngebut pkai mobilnya, prtamanya dy blg ban mobilnya kempes. pas sykluar dy lgsg tancep gas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ngeri jg ya, buat anonim hrs lebih hati2 lg ni.

      Hapus
  3. Makanya.. liat² donkk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya setuju mba dessy hrs extra perhatian dan waspada setiap saat.

      Hapus
  4. Temen saya ada yang ketipu, mirip ceritanya. Tapi kenalnya lewat facebook. Pas ketemuan di resto ternyata cowoknya penjahat. Tanpa curiga, temen saya ninggalin tas berisi dompet dan iPhone didalamnya. Setelah balik dari toilet, tuh cowok udah ga ada dan iPhone beserta duit 1jt udah raib. Ada-ada saja sekarang modus kejahatan tu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, mkn pintar aja ya penjahat skrng, hrs lbh waspada lg ni, Thanks harmony magazine atas kunjungannya :)

      Hapus
  5. wow, hati2 banget neh. cinta itu bisa aja membuat kita kalap.hehe

    Berkunjung balik ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup betul banget sobat ngonoo, gara2 cinta orang bisa buta, ya pasti saya berkunjung balik, thanks ya atas kunjungannya :)

      Hapus
  6. info bagus,, buat semua,, terutama buat kaum hawa,, thanks,, sobat

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya sama2 sobat, thanks da main ke blog saya :)

      Hapus
  7. saya juga punya pengalaman yang mirip-mirip tapi ya itu tadi tetap pakai logika...kalau dah minta transfer uang, mita no account bank atau minta no identitas seperti pasport...ya itu patut dicurigai penipuan.......!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya setuju bgt dgn anonim, hrs pk logika jgn terlalu terbawa perasaan, thanks ya da berkunjung :)

      Hapus
  8. ada cerita dari seorang sahabat,dia pny tmn (kenalan lewat fb) yg mengaku US ARMY (tentara amerika),dia ditugaskan di afghanistan,krn masalah keamanan dia mengaku pny beberapa uang&harus diamankan,actually uang tsb mau dikirim ke indonesia melalui kurir kebal diplomatik,ujung2nya suruh transfer uang buat nebus paket yg berisi uang tsb di airport,padahal tmn saya sdh ngasih alamat di kota S,tp paket tsb nyampenya di airport jakarta,then tb2 ada dalih petugas pemeriksaan bandara contact menyuruh transfer uang ke tmn saya tsb,padahal logikanya kl dpt kiriman paket k mesti nyampe dl ke kota S baru ada penebusan (jika memang ada dari bea cukai),waspadalah kawan!!

    BalasHapus
  9. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penipuan berkedok cinta di internet, silahkan kunjungi http://agustinetutut.blogspot.com
    Foto2 bule yg ada disana adlh foto palsu yg digunakan utk menipu, be aware ladies, let's unite and avoid more victims.

    BalasHapus
  10. Hampir saja saya tertipu hlo dg modus penipuan cinta. Baru saja..beberapa jam yg lalu. Bagi yg lain saya mohon waspada ya. Sebulan yg lalu saya dpt email dr bule namanya @adams jhonson, dr email itu crtanya cm gombal, telpn juga begitu isinya cm gombal. dan tb2 dlm kurun wktu 1bulan dia blg akn mnemui sy di indonesia. gk tau knp sy merasa "imposible" aja gtu. dan ujung2nya saya diminta ngirimin duid 1000 USD ke org trsbt. Yaaah, bhubung sy ni bukan org yg berduwit si.. jd kalem aje.. jd tu yg mnta uang modusnya: si bule uda di airport indo mo kluar kopernya dtahan , harus dtebus pake uang nah diperkirakan oknumnya lebih dr 2org. hati2 ya gan.. hahahah :)
    ni ane kasih tips nya ^^
    1. menolak Chating
    Para penipu yang mulai beraksi, biasanya merek menolak di ajak untuk chat dengan berbagai alasan, diantaranya, sibuk, tidak ada fasilitas chattin di kantor, dll.
    2. Memakai Webcam
    Nah biasanya kalau kita chat itu tidak memakai web cam jadi kita tidak tahu wajah pasti seseorang yang lagi ngobrol dengan kita, dengan menggunakan Web cam kita akan mengetahui seperti apa wajah seseorang yang sedang ngobrol dengan kita.
    3. Dapatkan Nomer Teleponnya
    Saat kita sedang chatting dengan seorang bule, lihat kode nomer telponnya. misalnya kode telpon inggris adalah +44 lalu 20 atau 10 dan di ikuti 8 sampai 9 digit. Bila anda menemukan no telp bernomor: +447031 atau +4489 atau +4479 dll.. Tinggalkan! Seseorang itu itu adalah penipu.
    4. Cek Foto Profil Mereka
    Cek foto profil mereka, jika kenalan Anda ini penipu, foto-foto ini biasanya akan digunakan di profil lain dengan nama profil berbeda.
    5. Mengobral Rayuan
    Ciri-ciri mereka adalah sangat mudah mengatakan cinta tanpa tanpa babibu. Padahal mereka belum mengenal Anda, bahkan belum pernah bertemu dengan Anda. Dan tiba-tiba mau pindah agama atau langsung melamar anda.
    6. Penipu Punya Banyak Modus
    Modus mereka banyak, mulai dari minta uang karena dadakan ibunya sakit. Selalu di awal perkenalan, katakan bahwa anda di Indonesia hidup pas pasan dan jangan show off. Jangan cerita pekerjaan anda, keluarga anda, ceritalah dengan mengarang sedikit buat keamanan anda.
    7. Lakukan Pencarian Alamat Email Mereka
    Seach-lah email address para laki-laki UK ini di google. Bila tidak diketemukan
    apapun, waspadalah, nama orang itu mungkin palsu.
    8. Tes Dia
    Ketika chatting biasakan bertanya dengan mendadak, saat ini di UK jam berapa. Ketika dia menjawab lama dan balik tanya kepada anda kenapa tanya jam di sana atau menjawabb.. oo saat ini pagi hari.. kejar pertanyaan lagi.. tepatnya jam berapa. Ketika mereka tidak bisa menjawab, mereka bukan tinggal di UK. Cek di google di www.timeanddate.com
    9. Perhatikan nama alamat emailnya
    Rata-rata mereka menggunakan nama campur angka (tapi ini tidak jadi patokan) hanya perhatikan, kadang menggunakan nama-nama yang juga kadang aneh penggabungannya.

    BalasHapus
  11. yah kawan saya juga tertipu lima juta namanya Kelvins Smith hati hati modus operandi sama ...

    BalasHapus
  12. Saya juga tertipu 2x malah...emank begooo...
    cwo pertamajadiin aq selingkuhax...pas ketemu dia slalu aq yg bayar biaya kencan.. malah terakhir aq liat dia ambil duit di tasq pas aq ke toilet...setelah pulang langsung kuputuskan...setahun kemudian...Cwo ke 2 ini...wajahx di situs Tagged.com cakep dan dia ramah juga terdengar religious..ku pikir ga bakal ketipu lagi...6 bln deket dia pinjam duit 500, lalu bln dpnx 1 jt..aq tunggu 7 bln blom jg di balikin...dia malah mo minjam lg 500 aja katanya...(modus..dikit2 tp sering) aq blg ga ada duit..di minta aq minjam di nyokap ato temen2q...Paraah... Aq mulai kesel...mana di mesra bgt klo mo minta duit..yank..syg sok care gtooo....v_v huuuufff Semoga Allah membalas orang ini... aq ikhlasin ajaa... Kini aq menjauh dengan teratur...

    Jangan Percaya cwo sebaik apapun di Dunia Maya... apalagi jika dia tdk mau webcaman...dan telfonx tengah malem....sekian share aq...semoga bermanfaat girls...

    BalasHapus
  13. segila gilanya bahasa cinta dia tapi kalau sudah terdengar dia mengeluh mengenai pekerjaannya atau aktifitasnya dan perlu uang, sebaiknya kaburrrrrrr aja. Ga perlu buang buang waktu sebelum terlena oleh bahasa yang ga pake hati. Saya nyaris jadi korban beberapa kali, sehinga saya jadi peka dan terhindar dari penipuan mereka. Karena menjalin hubungan cinta itu perlu PROSES NYATA bukan dari olahan KATA.

    BalasHapus
  14. Aku adalah salah satu korban. Seorg bule ngakunya dari UK tiba2 menyapa di FB. Saat itu aku mmg sdg dlm mslh rumahtangga. Singkat cerita, hanya dlm bbrp hari aku udh dibikin jatuh cinta setengah mati. Hanya dlm wkt bbrp hari dy blg mau ke Indo utk ktm aku. Dy minta aku cariin rmh & mbl dan hrs dah ready saat dy tiba 1 bln kemudian. Dy krm paket berisi laptop, BB, perhiasan & uang ratusan ribu USD, lewat courier dan memintaku utk bayarin clearance fee & denda (karena saat discan di airport tampak ada banyak uang dlm kotak paket) saat paket tiba di malaysia. Hati kecilku sebetulnya sdh ragu2, namun aku seperti dipelet dan berusaha bayarin paketnya hingga lebih dari Rp 100 juta dgn menggadaikan perhiasan, menguras tabungan dan berhutang. (Untungnya saat mau menggadaikan surat rumah, ditolak oleh pegadaian). Saat brgnya dah nyampe di airport jkt (katanya) harus bayar lagi 2350 USD utk biaya admin. Saat itulah aku menemukan postingan ttg scammer cinta di FB. Beberapa bulan kemudian (tepatnya kemarin) aku baru benar2 yakin itu penipuan setelah searching via Google dan menemukan blog sdri. Agustinetutut. Aku langsung block dan delete semua akses yg mengarah ke 'bule' jahanam itu. Memang benar, 'bule' tsb menggunakan no hp +4476.... (kabarnya no ini bisa didapat lewat Skype). Semoga sharingku bermanfaat untuk semuanya.

    BalasHapus

Blog saya adalah blog "dofollow"
Terimah kasih atas kunjungan dan komentar teman semua :)